Minggu, 01 April 2012

Periode, Frekuensi, Amplitudo


Berikut simulasi gerak osilasi. Sebuah balok digantung dengan pegas. Jika balok dilepaskan dengan simpangan awal yang tidak nol dari posisi kesetimbangannya maka balok akan berosilasi. Jarak maksimum balok dari posisi kesetimbangannya disebut sebagai amplitudo


Pada browser anda mesti terinstall plugin cdf player. Dapat diunduh di sini.

Periode, dinyatakan dengan variabel T, adalah waktu yang diperlukan untuk menempuh satu getaran penuh. Parameter lain yang berkaitan dengan periode adalah frekuensi, dinyatakan dengan variabel f, yaitu banyaknya getaran dalam satu detik. Secara matematis hubungan periode dan frekuensi dapat ditulis sebagai berikut

$f=\frac{1}{T}$

Simulasi di atas dibuat dengan Mathematica 8 (Baca help dari perintah Manipulate). Berikut langkah-langkah untuk memasang simulasi yang anda buat di Blogger:

  1. Di Mathematica: File>Deploy>Embed in HTML... 
  2. Akan ada pertanyaan: What should we save? Current Selection or Entire Document. Terserah anda. 
  3. File .cdf yang dihasilkan dapat di unggah (upload) ke lokasi mana saja di belantara Internet. Untuk simulasi di atas, file cdf-nya saya unggah ke akun dropbox yang saya miliki.
  4. Kembali ke Mathematica, akan muncul permintaan: Please indicate the location of the uploaded file. Contoh: http://dl.dropbox.com/u/56716382/Osilasi.cdf.
  5. Akan muncul kode berikut:
  6. Pada Blogger, di Dashboard> Design > Edit Html, sisipkan bagian pertama dari <script>...</script >, kode di atas di antara <head>...</head >. Ini dilakukan sekali saja.
  7. Kode <script>...</script > yang kedua pada point 5 di atas dapat disisipkan di postingan yang hendak dipasangi simulasi Mathematica cdf.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar